Menua Bersama Pemilik Toko Buku


Apakah kamu percaya bahwa ada seorang polisi yang suka membaca? Dalam buku ini, seorang polisi jadi suka membaca setelah sering bergaul dengan seorang pemilik toko buku. Sangat klise dan terdengar tidak nyata, memang. Namun itulah yang terjadi dalam Kisah Hidup A.J. Fikry.
A.J. Fikry mendirikan Island Books, satu-satunya toko buku di Pulau Alice, bersama dengan istrinya, Nic. Naas, Nic harus meninggalkannya lebih cepat karena kecelakaan pada suatu sore. Tak cukup sampai disitu, A.J. juga harus kehilangan harta bendanya yang paling berharga, sebuah karya Edgar Allan Poe yang langka. Menjadi pemilik toko buku tidak lagi menyenangkan baginya.
Pada suatu sore, seseorang meninggalkan sesuatu di Island Books. Disertai pesan, A.J. yakin seseorang itu meninggalkan sesuatu yang ditujukan untuk dirinya. Perlahan tapi pasti, hidup A.J. mulai berubah. Hidupnya tak lagi diisi hari-hari sendu dan meratapi masa lalu. Begitu pula toko bukunya yang perlahan menjadi lebih hidup.

Dari segi cerita dan plot, bisa dibilang buku ini sangat biasa. Menyajikan seseorang yang terpuruk akibat suatu masalah, lalu karena sesuatu, sang tokoh perlahan bangkit dari keterpurukannya. Penulis juga kurang memberi kesempatan pada pembaca untuk mengeksplorasi toko buku yang menjadi kehidupan sehari-hari dari sang tokoh.
Namun ada yang menarik. A.J. Fikry kerap membuat catatan mengenai suatu bacaan. Dari situ penulis seolah ingin menyampaikan bagaimana pemikiran sang tokoh mengenai berbagai karya dari penulis-penulis sastra klasik.
Selain itu, penulis juga pandai menyelipkan kejutan-kejutan kecil dalam alur ceritanya sehingga membuat kisahnya tidak membosankan.
Secara garis besar, novel ini menyenangkan untuk dibaca. Novel ini membuat saya ingin membaca lebih banyak buku, menggali mimpi lama saya untuk memiliki toko buku, dan juga membuat saya berpikir. Apakah benar apabila polisi bergaul dengan seorang pemilik toko buku, dapat menjadikan polisi tersebut jadi suka membaca? Pernah membayangkan, apabila polisi-polisi dalam suatu negeri suka membaca, akan seperti apa jadinya negeri itu?

Judul buku: The Storied Life of A.J. Fikry (Kisah Hidup A.J. Fikry)
Penulis : Gabrielle Zevin
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2017
Halaman : 280 halaman








0 comments:

Posting Komentar

 

My Tweeeeet