Menelisik Jurnalistik pada Masa Soeharto

Judul : Pers Orde Baru

Tinjauan Isi Kompas dan Suara Karya

Penulis : Rizal Mallarangeng

Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Cetakan : September 2010

Sangat menarik untuk memperhatikan, atau sekadar mengetahui tentang keadaan pers pada masa orde baru masa dimana kebebasan pers hanyalah slogan semata dan sangat jauh berbeda keadaannya dengan keadaan pers pada saat ini.

Dengan metode analisis isi serta pendekatan ilmu sosial dan etika makro, Rizal Mallarangeng memperlihatkan cengkeraman sistem politik yang dihadapi pers di masa Soeharto dan bagaimana mereka menyiasatinya.

Diangkat dari skripsi yang pernah dipublikasikan sebagai monografi di Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM tahun 1992, buku ini mengkaji isi harian Kompas dan Suara Karya — dua surat kabar yang populer pada saat itu. Dalam kajian ini, posisi media pers secara struktural dijelaskan melalui kinerjanya (performance). Kinerja itu ditangkap melalui muatan terpenting media pers yang dikaji. Ada dasar teoretis yang kuat sebagai alasan mengapa perhatian hanya ditujukan pada berita utama (banner headline) dan tajuk. Melalui kedua macam informasi ini dapat dideteksi orientasi media yang bersangkutan.

Disajikan seperti aslinya yang berupa skripsi, terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup, penerbitan buku ini ditambah dengan kata pengantar oleh Ashadi Siregar selaku pembimbing penulis dalam penelitiannya. Pembagian masalah yang dibahas menjadi per bab memudahkan pembaca untuk lebih memahami masalah yang diangkat.

Meski terdapat kekurangan, yaitu penempatan catatan kaki yang tidak menjadi satu halaman dengan kata utamanya, melainkan terletak di halaman akhir sehingga pembaca harus membolak-balik halaman saat ingin melihat catatan kaki, secara keseluruhan buku ini merupakan bacaan bagus yang dapat dijadikan referensi atau sekadar bacaan oleh mahasiswa pada khususnya, dan masyarakat umum yang ingin mengetahui tentang seluk beluk dua harian terbesar pada masa orde baru.[bell]


0 comments:

Posting Komentar

 

My Tweeeeet