Kamu Sayang Bumi?


Apakah kamu mencintai lingkungan tempat kamu tinggal? Kalau iya, sudahkah kamu melakukan sesuatu untuk kebaikan lingkunganmu? Selama ini, bila kita membicarakan lingkungan, bumi, dan sebagainya, terbersitlah dalam pemikiran kita tentang menanam pohon, mengatasi pembalakan liar, mengurangi penggunaan plastik, dan sebagainya. Sebenarnya, banyak sekali hal-hal kecil dalam kehidupan kita sehari-hari yang bisa lakukan dengan cara ramah lingkungan. Tak melulu menanam pohon dan melakukan penghijauan. Kita bisa memulai dengan hal-hal simpel dalam aktivitas kita sehari-hari. Namun meski simpel, jangan salah. Efek dari tindakan kecil kita akan dapat membawa pengaruh yang besar, apalagi jika dimulai dari diri sendiri dan kita tularkan ke orang lain.
Berikut adalah beberapa tindakan kecil untuk menunjukkan rasa sayang kita ke bumi.
1.       Bangun lebih pagi
Bila bangun lebih pagi, kita bisa lebih awal mematikan lampu yang sudah tak diperlukan. Sering lihat, kan, lampu depan rumah yang masih menyala meski hari sudah siang. Bisa jadi indikator juga apakah pemilik rumah tersebut orang yang rajin atau suka bangun siang. Hehe.
2.       Manfaatkan washtafel
Ketika sedang makan diluar, apalagi di warung penyet, cucilah tangan di washtafel bila ada. Di washtafel biasanya diletakkan serbet atau lap tangan. Bila menggunakan air kobokan, bisa dipastikan setelah itu kita menggunakan tisu untuk mengeringkan tangan.
3.       Tidurkan Laptop dan PC
Mengerjakan tugas atau online berjam-jam didepan laptop atau komputer membuat tubuh kita lelah. Bila ingin rehat sejenak, atur mode sleep agar lebih hemat energi. Komputer juga butuh istirahat kan?
4.       Tas serbaguna
Simpanlah satu tas serbaguna (bisa tas plastik atau kain) di tas yang sehari-hari kita pakai. Jadi bila akan membeli sesuatu atau berbelanja, kita tak perlu menggunakan plastik dari toko.
5.       Hemat AC
Bila sedang menggunakan ruang AC, matikan AC 10 hingga 15 menit sebelum acara selesai. Efek dinginnya masih ada kok.
6.       Jangan lupa kipas
Seringkali ketika akan meninggalkan ruang, seperti setelah kuliah, kipas angin tak dimatikan. Pastikan kipas telah mati ketika ruangan sudah tidak digunakan.

Mudah bukan? Hal-hal diatas adalah bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Bila kita bisa melakukannya dengan ramah lingkungan, kenapa tidak? 

0 comments:

Posting Komentar

 

My Tweeeeet