harapanku untuk aku, kamu, dan mereka yang mengaku mahasiswa

Ingat, jumlah mahasiswa di Indonesia itu kurang dari 5 % dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Jadi, termasuk golongan yang sangat beruntung lah, kamu-kamu sekalian para mahasiswa Indonesia. Beruntung karena kamu memiliki kesempatan untuk mengecap bangku pendidikan tinggi, sementara banyak sekali yang ingin namun tak mampu. Manfaatkanlah kesempatan itu dengan sebaik-baiknya, dengan hati-hati dan bijaksana demi kepentingan bangsa dan negara, bukan hanya demi kepentingan pribadi semata. Nasib Indonesia kedepannya ada ditangan kita, kawan. Kepada kita lah dilimpahkan tugas memimpin Indonesia, membawanya ke arah yang lebih baik, mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan upaya-upaya penyejahteraan rakyat. Kalau nantinya aku, kamu, atau siapapun salah satu dari kita menjadi penguasa atau pihak yang berwenang, jangan lupakan perjuangan kita selama menjadi mahasiswa, jangan lupakan bahwa kita ini pembela rakyat, jangan benci untuk dikritik, jangan marah bila diingatkan saat kau salah, saling mengingatkan itu perlu.
Aku menulis ini karena aku prihatin terhadap keadaan mahasiswa sekarang yang sebagian besar lupa akan perannya, market oriented dan amoral. Juga karena melihat para penguasa yang lupa daratan, berjuang selama jadi mahasiswa namun melupakan itu semua saat telah menjadi penguasa.
Aku harap aku tak kehilangan kalian yang pernah berjuang bersamaku..
-Maret, 2011-

0 comments:

Posting Komentar

 

My Tweeeeet